Webmail |  Berita |  Agenda |  Pengumuman |  Artikel |  Video

KERJASAMA: Sekolah Tinggi Teologi Paulus Medan dan Sekolah Tinggi Anugerah Sinagoge

15 Januari 2021
12:25:15 WIB

 KERJASAMA: Sekolah Tinggi Teologi Paulus Medan dan Sekolah Tinggi Anugerah Sinagoge
 
 
Program Akreditasi Perguruan Tinggi semakin ketat dan disiplin. Sekitar dua tahun lalu Ban-PT mengeluarkan sistem penyusunan borang akreditasi yang baru dari 7 standar menjadi versi 9 instrumen. Hal ini sangat mempengaruhi Perguruan Tinggi (PT) di seluruh indonesia termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTKK).
 
Menurut Ketua STT Paulus Medan, Dr Parluhutan Manalu, M.Th., MM, pembaharuan sistem penyusunan borang berdampak baik bagi PT namun di sisi yang sama sekaligus menuntut kedisiplinan PT dalam menjalankan tridharma PT. Instrumen 9 sangat menunjukkan objektivitas dosen dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga PT mampu mewujudkan lulusan sesuai dengan visi program studi maupun visi institusi. Menyikapi hal tersebut STT Paulus Medan terus berbenah diri dari peraturan-peraturan pendidikan yang bersifat terbaharukan.
 
 Ketua STT Paulus Medan juga menjelaskan bahwa untuk memenuhi penyusunan akreditasi versi 9 instrumen, PTKK khususnya STT Paulus sangat membutuhkan kerjasama untuk perbaikan dan peningkatan mutu internal maupun eksternal. Mutu internal meliputi dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa hingga lulusan (eksternal).

Menyikapi hal yang sama Ketua Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Sinagoge medan, Dr.  Candra Manik, M.Th bersama Dirpas STT Paulus Medan, Dr. Adolfina Koamesakh, M.Th., M.Hum, menginisiasi kerjasama antar STT di sumatera utara. Inisiasi ini bermula ketika mereka bersama dalam acara Perancangan Kurikulum berbasis KKNI yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimas Kristen di Jakarta Padan November 2020 lalu.

Inisiasi ini diterima baik oleh Ketua STT Paulus Medan guna meningkatkan pendidikan di sumatera utara. Beliau juga menyampaikan bahwa ini adalah awal yang baik, mengingat STT yang berada di sumatera utara belum banyak melakukan  kerja sama antar sekolah tinggi theologia. Itu Beliau sangat berharap melalui kerjasama ini kedua institusi bisa melakukan inovasi dan terobosan yang baru dalam dunia pendidikan keagamaan kristen pada tahun 2021 hingga masa kerjasama berakhir atau diperpanjang sehingga diharapkan kerjasama ini mampu meningkatkan kualitas teolog Kristen dan pendidik-pendidik agama Kristen.  

  

File Terbaru

Facebook Fanpage

TAUTAN EKSTERNAL